Cara Bisa Komputer




Saat ini komputer / laptop adalah perangkat wajib yang hampir dimiliki oleh semua kalangan. Sama halnya seperti handphone. Namun tidak semua orang yang memiliki handphone bisa menggunakan komputer. Tetapi yang bisa komputer sudah pasti bisa menggunakan handphone.


Berikut ini adalah cara mudah bagaimana agar kita bisa komputer. Dengan menguasai cara ini maka kita akan percaya diri ketika ada masalah yang harus di selesaikan dengan komputer.


Jika Anda sudah terbiasa menggunakan komputer atau laptop silahkan skip artikel ini. 


Tetapi jika Anda benar-benar pemula atau belum pernah menggunakan komputer, atau sudah menggunakan komputer tetapi masih kurang percaya diri. Silahkan melanjutkan membaca.


Bagi yang belum bekerja, cara ini akan membantu mendapatkan pekerjaan lebih mudah. Mulai dari pertokoan, perkantoran, pemerintahan, perusahaan kecil sampai perusahaan besar memerlukan orang yang bisa mengoperasikan komputer.


Berikut ini adalah caranya:


1. Microsoft Word.

2. Microsoft Excel.





Cukup 2 kemampuan ini saja. Karena 2 skill ini adalah sebuah pondasi yang harus di miliki agar bisa komputer. Tanpa perlu berlama-lama. Mari kita bahas satu per satu.


1. Microsoft Word

Microsoft Word adalah aplikasi pada komputer yang berfungsi untuk membuat dokumen, tulisan dan sebagainya. Intinya adalah aplikasi yang berhubungan dengan teks.

Cara memulainya adalah kuasai membuat undangan resmi, kemudian print dalam bentuk kertas.


2. Microsoft Excel

Berbeda dengan microsoft word, aplikasi ini berhubungan dengan angka.

Cara memulainya adalah pelajari menggunakan rumus dasar seperti SUM, IF, SUMIFS, VLOOKUP dan minimal dapat memahami PivotTable.


Kedua cara di atas merupakan inti dari bisa komputer. Karena dengan bisa 2 hal itu saja nantinya kita akan dapat dengan mudah memahami aplikasi-aplikasi lainnya di komputer. 


Cara ini bisa berbeda dengan yang di ajarkan oleh orang lain, karena ini merupakan pendapat pribadi. Sebagai orang yang menghabiskan rata rata 6 jam perhari selama kurang lebih 8 tahun bekerja di depan layar komputer, 2 skill inilah yang menjadi dasar untuk bisa komputer.


Bagi yang sudah bekerja, coba lihat atasan atau pemimpin terbaik di tempat kerja saat ini. Mereka adalah orang yang dapat membaca angka dan data dengan baik di bandingkan dengan lainnya. Mereka memiliki kemampuan berpikir kritis di bandingkan dengan yang lain. Dan biasanya mereka Jago dalam Microsoft Excel.


Sekarang coba tanyakan pada diri sendiri.

"Apakah aku sudah bisa membuat undangan resmi dan mencetaknya dalam bentuk kertas?"

"Apakah aku sudah paham cara menggunakan rumus dan memahami pivotable?"


Jika jawabannya sudah. Selamat, Anda sudah "Bisa Komputer".

Dan jika jawabannya ada yang belum, maka sebaliknya, terkadang masih belum percaya diri menjawab "Aku Bisa Komputer".


Sekian tips sederhana ini.


Terimakasih telah membaca.
Bila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.


0 Comments:

Posting Komentar